6.12.17

Tanaman Ciplukan/cecendot berkhasiat

Tanaman  Ciplukan (Physalis angulate)

Pasti anak anak yang lahir tahun 90an atau kebawah lagi pasti tidak asing dengan tanaman satu ini yaitu ciplukan atau nama lainya ada yang kopok-kopokan ada juga yang nyebut cecendot tergantung dimana anda tinggal dan nenek kalian dulu ngasih nama apa ,😁

Nah seumpama kakek nenek kalian seorang ilmuan pasti ngasih nama aslinya yaitu
Physalis angulate karena itu adalah nama latinnya.

Karene di tempat saya namanya ciplukan maka disini saya sebut saja ciplukan,
ya karena kakek nenek saya dulu bukan ilmuan mungkin,😂

ini ni contoh gambar tanamanya ciplukan 
ciplukan
ini yang biasa tumbuh liar di kebun atau sawah

aku dan kita
ini yang sudah ditanam terawat

kita
nah ini yang buah yang dijual dan ternyata mahal ya????wow



Tanaman ciplukan ini bisa tumbuh kira-kira setinggi kurang lebih 1 meter. 
Berdaun tunggal,agak bulat telur dengan ujung runcing. 
Panjang daun kurang lebih5-25 cm, dan lebar 2,5-18 cm kurang lebih segitu untuk ukuran tumbuh subur dan  Warna daun hijau segar.

Nah disini saya bukan mau mengingatkan masa kecil 90an tapi sekedar berbagi info ataupun kabar baik,
ternyata tanaman yang selama ini atau dulu kita buat main-main atau hanya kita makan buahnya yang unik dan rasanya manis sedikit asem tapi sangat khas ini ,
ternyata oh ternyata ini tanaman memiliki banyak khasiat yang sangat baik untuk kesehatan ataupun pengobatan yang pasti sangat alaami.

Dan ternyata juga tanaman ini di dalam daun nya ada kandungan bermanfaat yaitu mengandung asam klorogenat, 
sedangkan di kulit buah nya mengandung C27H44O-H2O1 dan di dalam bijinya ada elaidic acid.

Nah apakah itu..?
sayapun kurang paham tapi dari hasil baca baca ternyata kandungan itu sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam masalah diantaranya sebagai 
Obat sakit tenggorok, batuk , gondongan, bisul,perut kembung , bahkan ada juga katanya bisa mengobati gejala stroke,

Dan yang lebih keren lagi ternyata khasiat dari daun atau buah dari tanaman ciplukan ini juga bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh lho..

wow ternyata jaman kecil dulu saya sudah mainan tanaman obat ya ,,hhe gimana enggak orang dulu adanya mainan tradisional bukan gadget seperti jaman sekarang ,,,
ya anak 2 pada bersih sih tapi kurang gerak kreatip,😂 gpp namanya juga perkembangan jaman ,ya gimana orangtua bisa menyikapi dengan bijak aja lah..toh orang tua jaman sekarang juga pasti ngikutin jaman(harusnya)😉

wah jadi pidato ni,baiklah sampai mana tadi ya saya baca dulu biar nyambung,hhe

oiya gimana cara meramu atau memanfaatkan khasiat dari tanaman jadul tapi manjur ini, sebenarnya tidak jauh beda dari cara meramu jamu atau tanaman tradisional lainya hanya saja jika ingin lebih berkhasiat lagi maka dianjurkan untuk memakai seluruh bagian tanaman ini yaitu dari akar sampai ujung daunnya dan caranya bisa di tumbuk atau di giling atau langsung di rebus juga gpp asal sari dari tanaman ini tersaring dan bisa kita minum ,

yang pasti jangan terlalu banyak dulu sedikit dulu jika dirasa ada perbedaan sembuh bisa kita tambah beberapa gram bagian tanamannya ,
kalau menurut artikel yang saya baca sebaiknya 15-20gram ,tapi menurut saya bisa kita pakai kemantapan kita saja,asal jangan terlalu sering ,karena ini tanaman obat tradisional insyaalloh aman asal tidak berlebihan.

Selain untuk diminum daun dari ciplukan ini juga bisa untuk obat luar seperti Untuk obat bisul,atau juga bisa untuk biang keringat,
caranya adalah kita ambil setengah genggam daun setelah itu dicuci dan digiling halus. Tumbukan atau hasil gilingan  itu ditempelkan di bisul atau biang keringat ,
insyaalloh sembuh tentunya dengan ditambah doa jangan lupa.


Sekian dulu info dari saya semoga bermanfaat lain waktu saya sambung dengan tanaman obat lainnya ,
terimakasih dan selamat berkunjung di blog saya